Translate

Minggu, 20 Maret 2011

PERBEDAAN adalah sebuah KEINDAHAN

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman, dimulai dari keberagaman suku, adat, budaya, bahasa dan khususnya agama. Sehingga tidak heran apabila kita mempunyai sebuah pondasi “Bhinneka Tunggal Ika” yang katanya itu berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Tapi beberapa tahun terakhir negara ini mulai ditest dengan hantaman-hantaman kuat yang dapat merobohkan pondasi tersebut setelah dibangun selama 65 tahun. Dimulai dari konflik suku, adat, apalagi agama.

Joe Vitale dalam bukunya Hypnotic Writing bilang bahwa hal yang membuat cerita menjadi menarik yaitu Konflik. Ibarat sebuah masakan, hambar rasanya jika tidak pakai garam atau bumbu penyedap. Dan analogi seperti itu lah yang memang sedang terjadi di tempat kita tinggal. Tidak heran jika kita saat ini melihat disana-sini banyak hasutan yang sifatnya sudah tidak lagi terutup. Kalau kalian ingat saat zaman kekuasaan pemerintahan terlama di negara ini, bahwa hal seperti itu akan cepat “diatasi”. Sedikit saja kita membuat suatu kerusuhan seperti demo, tak segan-segan aparat akan bertindak. Tapi hal itu terjadi dikarenakan bapak kita satu itu memang mempunyai tujuan yang menurut dia positif, yaitu mempunyai visi pembangunan dan kritik-kritik seperti itu bisa menjadi penghambat secara tidak langsung.

Tetapi beda zaman, beda tradisi dan cara. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sebuah konflik. Aplagi di zaman globalisasi saat ini, masyarakat kita sebenarnya dapat mencari informasi yang lebih relevan ketimbang dahulu yang informasi itu hanya berasal dari beberapa sumber dan sifatnya satu arah. Tapi sayangnya hal itu belum bisa mengalahkan sebuah provokasi ataupun hal-hal yang tidak terpuji lainnya.
Walaupun seperti ini adanya, dengan pendidikan yang sudah meningkat, masyarakat negeri kita seharusnya bisa melihat suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda.

Sehingga konflik-konflik mengenai perbedaan dan keragaman bisa terhindari. Karena sesungguhnya perbedaan itu diciptakan oleh Tuhan untuk menciptakan keindahan di muka bumi ini.
[caption id="" align="alignnone" width="490" caption="Indahnya keragaman"][/caption]

1 komentar: